Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PARO, Robot Berbentuk Hewan

Sebuah penemuan terbaru dalam dunia teknologi hadir dan sedikit membantu dalam dunia kedokteran. Penemuan tersebut adalah seperangkat robot berbentuk binatang atau Robo-pets. Robot ini berguna untuk menyembuhkan pasien yang terjangkit penyakit demensia atau pikun.

Robot bernama PARO ini diteliti oleh beberapa tim peneliti asal Grififith University, Australia dan peneliti asal Jerman. Dalam sebuah studi menemukan bahwasannya interaksi kepada sebuah robot terapi akan membangun pengaruh positif pada kualitas hidup serta mengurangi rasa cemas.

Robot terapi yang digunakan berbentuh binatang singa laut dengan balutan warna putih cerah. PARO dilengkapi dengan seperangkat lunak kecerdasan buatan serta sensor taktil yang menyuguhkan teknologi sentuhan dan suara. Hal tersebut mampu memberikan sebuah ekspresi tertentu, baik kemarahan, kebahagiaan dan kejutan.

Menariknya, robot ini juga mampu merespon ucapan yang sering kita ucapkan. Pada sebuah studi, dilibatkanlah 18 peserta yang dinaungi di fasilitas perawatan manula di Queensland, Australia.

Peserta diberi aktivitas dengan robot PARO dalam jangka waktu lima minggu, dan menakjubkan dengan partisipasinya tersebut si robot sejauh itu memberi dampak yang positif dan berpengaruh pada kualitas hidup. Selain itu, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kadar kesenangan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar